5 Apr 2016

Pahit pahit manis

Saya sudah setahun lebih menjadi anggota PJKA. PJKA disini maksudnya adalah Pulang Jumat Kembali Ahad. Yup, saya harus bolak balik Jakarta - Jogja karena istri sedang melanjutkan kuliah. Biasanya saya menggunakan transportasi kereta api. Setelah berkali - kali mencoba kereta, akhirnya sudah dapat polanya. Ke Jogja naik Taksaka, balik ke Jakarta naik Argo.

Dengan seringnya naik kereta, saya sering ketemu dengan orang - orang yang nasibnya sama kaya saya. Pisah dengan keluarganya, setiap minggu pulang ke Jogja atau Solo. Nah, salah satu yang ketemu di stasiun itu ternyata teman sekolah saya dulu.

Kami pisah sekolah ketika kuliah karena saya kuliah di Semarang. Nah, kalau ketemu sama dia, kok perasaan saya pasti ada cerita yang ga mengenakkan. Cerita pertama, Dia bawa undangan nikah teman kami yang satu sekolah dulu. Yah menikah karena terpaksa. Waktu itu kami berdua kaget, kenapa teman kami terpaksa menikah. Kami masih sama - sama semester dua waktu itu. Kaget. 

Cerita kedua, teman kami ada yang putus sekolah, bapaknya meninggal dan ibunya tersangkut masalah hukum.Dia masih punya tanggungan adik2nya yang masih sekolah. Akhirnya teman saya yang putus sekolah dan menjadi seniman.

Cerita ketiga, adalah cerita tentang teman saya yang pernah saya tulis di blog ini dengan judul "sukses-ya-bro", singkat cerita,dia bangkrut dan terpaksa jadi pegawai lagi. Ternyata saya hanya melihat kesuksesan usahanya dari luar aja.

Tiga dari dua cerita itu awalnya cerita pahit. Temen saya yang nikah duluan sekarang kayanya udah happy dengan keluarga kecilnya. Udah nambah momongan. Istrinya udah pake jilbab. Cerita kedua temen saya sekarang sudah mandiri dengan usahanya menjadi seniman. Punya studio sendiri....Nah yang ketiga ini semoga saya denger cerita manis pada akhirnya....amin

20 Des 2015

Jawaban dari langit

wow...udah lama ga nulis dan udah mau tahun baru nih. Berarti udah setahunan ga nulis hehehe. Jadi ceritanya gini...kenapa dikasih judul jawaban dari langit. Pertama, lama ga nulis jadi buat judul yang bombastis hehehe. Kedua, udah lama ga dapat jawaban dari langit lagi.

Jadi yang ane maksud sama jawaban dari langit itu adalah ketika ane mempertanyakan sesuatu di dalam hati, eh tiba - tiba muncul jawabannya bisa dari nasehat orang tua, buka majalah, acara tv dan lain...banyak lah. Tapi yang sering ane dapetin sih dari acara TV. Yang paling ane inget adalah jawaban bagi ane tentang memelihara anjing dan makan kepiting

Memelihara anjing

Sebenernya pengen banget melihara anjing. Lebih milih anjing daripada kucing. Pernah sih beberapa tahun yang lalu sebelum kejadian ini "mliara" anjing. Jadi ada anjing nyasar yang sering maen ke rumah. Dikasih makan ama minum trus si anjing datang tiap hari. Tidur di depan rumah. Ga pernah masuk ke dalam rumah. Anjingnya penakut dan ga bisa melolong. Ada yang salah ama suaranya. Si anjing akhirnya pergi gara - gara waktu itu dirumah ada acara. Banyak orang. Si anjing takut untuk deketin rumah dan ga pernah muncul lagi.

Waktu itu pengen punya anjing. Mikir2 trus anjing apa yang nanti kira2 mau dipelihara. Anjing keluarga kaya golden retreiver apa anjing macho kaya rottweiler. Tapi yang jadi perdebatan adalah bagi kami yang muslim melihara anjing boleh atau gak. Anjing kan termasuk najis. Nanti malaikat ga mau masuk ke rumah kita. Tapi di keluarga ane lumayan juga yang melihara anjing. Jadi masih ragu - ragu nih buat melihara anjing. Eh tiba2 dari tv muncul acaranya Uje (waktu masih hidup). Uje waktu itu bahas masalah melihara anjing. Intinya kami dilarang melihara anjing kalau memang bukan untuk kerjaan, misalnya peternak atau pengembala gitu. Sejak saat itu deh, yakin 100% untuk ga melihara anjing.

Makan kepiting.

Enak. Seneng banget deh kalo makan kepiting. Udah dari kecil suka banget makan kepiting. Apalagi kalau Budhe dateng bawain kepiting dari Semarang. Sampai akhirnya anaknya Budhe ada yang ga mau makan kepiting. Ditanya kenapa, jawabannya adalah karena kepiting hidup di dua alam. Langsung deh ragu - ragu makan kepiting, kalau lagi soleh ya ga makan tapi pas lagi ga soleh ya makan hehehe. Sampai akhirnya menu makan siangnya kepiting lagi. Eh di tv acaranya bahas tentang  kepiting. Trus yang bahas sampai masalah halal haram gitu. Yang bahas gak cuma dari ustad tapi juga dari peneliti gitu. Dijelaskan bahwa jenis kepiting yang ada dipasaran itu bukan hewan yang hidup di dua alam. Tandanya kepiting masih punya insang buat bernapas. Ya kaya ikan lele, walaupun hidup di air tapi dia bisa hidup lama di darat. Tapi ya habitatnya emang seharusnya di air. Halal deh. MUI juga bilang halal. Alhamdulilah

2 Nov 2013

Melihat yang tidak ingin dilihat mendengar yang tidak ingin didengar...

Allah menciptakan hambanya dengan segala keterbatasannya. Terkadang keterbatasan itu menjadi alasan untuk tidak bersyukur. Tapi apakah kita mau memiliki pendengaran yang tajam sehingga kita mampu mendengarkan langkah semut? Apakah kita mau melihat hingga jauh sampai sampai penglihatan kita mampu menembus tembok? Terlalu banyak tahu terkadang malah membuat kita takut untuk melangkah...terlalu banyak pertimbangan...terlalu banyak kemungkinan..

Apa untungnya kita mengetahui masa lalu seseorang? Apa untungnya kita bisa melihat masa depan? Toh yang sekarang kita jalani adalah saat ini...Saat ini yang kita punya...masa lalu sudah lepas meninggalkan bekas...Masa depan belum tentu yang kita mau...Bersahabat dengan keterbatasan berarti tak bersyukur...masa lalu adalah ilmu...saat ini adalah kesempatan...masa depan adalah harapan...

Apa yang tidak kita inginkan terkadang jalan kita untuk mencapai tujuan...mungkin yg tidak ingin kita lihat adalah petunjuk...mungkin yang tidak ingin kita dengar adalah khotbah...semua berguna kalau kita syukuri...dan sekarang saya sedang belajar mengolahnya...

2 Agt 2013

the secret...

Pernah baca buku the secret? Buku yang bercerita tentang rahasia untuk mendapatkan apa yang diinginkan?Secara garis besar rahasianya adalah dengan merasa yakin dengan apa yang diinginkan itu sudah dikabulkan oleh Allah SWT

Sedikit banyak saya telah membuktikannya....

Saat ini saya sedang menulis dengan macbook...bukan sombong..cuma sebagai bukti bahwa apa yang saya inginkan telah dikabulkan oleh Allah SWT..blog ini menjadi bukti..tgl 17 Oktober 2008 saya nulis di blog ini bahwa saya menginginkan macbook...waktu itu saya membayangkan nulis blog ini di kafe pake macbook..dan tahun 2011 keinginan saya dikabulkan...
Dalam hati saya pernah berkeinginan punya rumah yang deket mesjid dan rumah mertua...dan itu dikabulkan tahun ini..alhamdullilah...terima kasih Ya Allah
Semoga doa yang baik selalu dikabulkan...amin

Formalitas

Beuh udah lama banget ga ngisi blog ini...terakhir nulis tanggal 24 Nov 2013...ternyata tingkat produktivitas menulis blog berbanding lurus dengan tingkat kegalauan.....ahahahahaha
Malem ini iseng - iseng nulis..Emma udah bo2k sambil dikelonin ibu...jadi nulis blog aj...
Tapi apa yang mau ditulis ya...hehehe

24 Nov 2012

RUMAH CIPUTAT




udah beberapa hari ini tinggal di rumah mertua sejak nikah kemarin. Seneng tinggal disini secara lebih rame daripada rumah bintaro yang cuma ditinggali bertiga. Deket mesjid, jadi kalo ga capek2 banget bisa kebangun kalo lagi adzan. ya kalo lagi niat ya bisa berangkat solat subuh di masjid.

enaknya udah nikah ya karena ada istri, kadang dibangunin, trus mandi, selesai mandi udah disiapin baju kantor sama teh anget. Yang terakhir ini yang mewah banget secara di Bintaro kalo bangun pagi ya minumnya air putih, mana ada yang nyiapin teh anget.

Kamar mandinya enak buat boker, guyurnya ga susah. Pake shower walaupun ga kenceng. Airnya lebih bersih daripada bintaro yang airnya sering jadi kuning dan berminyak. Cuma ya siap2 aja kalo masuk kamar mandi liat barang2 milik adik perempuan istri.

Sekarang kalo malem lebih sering makan malem di rumah mertua. udah dimasakin dan seleranya lumayan pas sama lidahku. Ga banyak menu tapi pas dan yang pasti lebih sehat daripada dulu sering jajan di pinggir jalan.

Secara keseluruhan rumah ciputat ampir mirip rumah tambak mas. Kecilnya, penuh barang2 yang banyak ga kepake tapi sayang buat dibuang, banjir kadang2, trus lingkungannya....yah sudah terbiasa untungnya waktu kuliah.

Ya semoga kemudahan2 yang ada di rumah ciputat ini gak bikin aku jadi terlena untuk tetep tinggal di sini. Rumah cileduk harus segera direnovasi dan ditinggali. Biar ak sama istri bener2 jadi mandiri.Amin

12 Jul 2012

hai nak...


hai nak.....2 bulan lagi bapak dan ibu akan bertemu kamu...
yah dengan adanya kamu...resmi sudah bapak ibu mu ini jadi orang tua...yang wajib membesarkan kamu dengan sebaik2nya..
apa yah yang bakalan kita kerjain bareng2?
bikin PR...yah selama bapak masih inget pelajaran jaman dulu...anak sekarang biasanya lebih canggih y
apa kita bungkus kado kejutan buat hadiah ulang tahun ibu???
huh...bapak terlalu senang nunggu kelahiran kamu...udah mikir yang jauh2...
maaf ya nanti kalo bapak masang popoknya miring
maaf ya kalo nanti bapak ngendongnya ga enak
maaf ya pas kamu nangis bapak ga kebangun...salahin ibu ya yang ga bangunin bapak hehehe...
kita nanti maen bareng ya...maenanmu ud bapak simpen diatas lemari...yg warna ungu yah..soalnya yg satu lagi maenan gundam punya bapak hehehe....
doa bapak buat kamu...smoga kamu sehat selalu,jadi anak yang salehah, pinter, bertakwa pada Allah SWT...dan dicukupkan rezekinya...amin
semoga kamu sehat2 disana sampe nanti bener2 lahir didunia ini....karena bapak tau kamu berada diperut orang yang tepat...ibumu...
luv u...